KISI-KISI SOAL PAI SMA KELAS XII
ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
2015/2016
SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA
Kompetensi Inti
(K1) Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
(K2) Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
NO
|
Materi Pokok
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Soal
|
Nomor Soal
|
Bentuk Soal
|
1
|
Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191,
|
3.1
Menganalisis Q.S. Ali-Imran (3) :
190-191, tentang berpikir kritis
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an/ Hadits tentang tentang berpikir kritis peserta
didik dapat menganalisis isi kandungannya
|
1,2,3
|
PG,
|
|
|
4.1.1Membaca Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191, tentang berpikir kritis
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang berpikir kritis, peserta didik dapat
mengidentifikasi hukum bacaan tajwid
|
4,5,6
|
PG
|
|
|
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 tentang
berpikir kritis demokratis dengan lancar
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang berpikir kritis, peserta didik dapat
menerjemahkan dan melengkapi ayat
|
7,8,9,
46
|
PG
U
|
2
|
Iman kepada Hari Akhir
|
3.3 Memahami makna iman
kepada hari akhir
|
Disajikan
narasi tentang iman kepada hari akhir
peserta didik
dapat memahami makna iman kepada Hari Akhir, menjelaskan periode hari Akhir,
hakikat beriman kepada Hari Akhir
|
10, 11,12,13,
14,
|
PG
|
|
|
4.3 Berperilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman kepada hari akhir
|
Disajikan
contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan
contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir dan hikmah
beriman kepada hari Akhir
|
15,16,17,
18,
47
|
PG
U
|
3
|
Q.S. Luqman (31): 13-14
|
4.3 Membaca
Q.S. Luqman (31): 13-14 serta hadits terkait tentang saling menasihati
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang tentang
saling menasihati dan berbuat ihsan, peserta didik dapat mengidentifikasi
hukum bacaan tajwid dan melengkapi ayat
|
19,20,21,
22,23,
|
PG
|
|
|
4.4 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 serta hadits
terkait tentang saling menasihati dengan lancar
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang tentang
saling menasihati dan berbuat ihsan, peserta didik dapat menerjemahkan ayat
|
24,25,26,
27
48
|
PG
U
|
4
|
Pernikahan dalam Islam
|
3.6 Memahami ketentuanpernikahandalam
Islam.
.
|
Disajikan narasi tentang pernikahan, peserta didik dapat
menjelaskan tentang pengertian, tujuan dan hukum pernikahan, mahram,
|
28,29,30,
31,32
|
PG
|
|
|
4.6 Memperagakan tata
cara pernikahan dalam Islam
|
Disajikan contoh pernikahan dan peserta didik dapat menjelaskan
rukun dan syarat pernikahan, pernikahan yang tidak syah, hak dan kewajiban
suami dan istri serta hikmah pernikahan
|
33,34,35,
36,
49
|
PG
U
|
5
|
Strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
3.9
Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Disajikan narasi tentangperkembangan Islam di Indonesia, peserta
didik dapat menjelaskan masuknya Islam ke Indonesia, strategi dakwah Islam di
Nusantara,
|
37,38,39,
40,41
|
PG
U
|
|
|
4.9
Mendeskripsikan strategi dakwah dan perkembangan Islam di
Indonesia
|
Disajikan diskripsi tentang strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia, peserta didik dapat menjelskan perkembangan dakwah Islam
di Nusantara, kerajaan Islam, gerakan pembaharuan Islam di Indonesia dan
perilaku mulia sebagai implementasi dari belajar sejarah perkembangan Islam
di Nusantara
|
42,43,44,
45
|
PG
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar