1. Membaca Q.S al-Jatsiyah: 12 Tajwid, identifikasi perilaku Q.S al-Jatsiyah: 13
2 .Menulis, menerjemahkan Q.S al-Ankabut: 44
3. Tajwid, kandungan isi, menghafal, tajwid Q.S ar-Ruum : 8
4. Menulis, kandungan isi, Q.S as-sajdah : 4
5. Membaca, menulis, menerjemahkan, kandungan isi, identifikasi perilaku, menghafal Q.S at-Taubah
: 67-68
6. Membaca,menulis, tajwid, kandungan isi, identifikasi perilaku Q.S Shad : 27-28
7. Menterjemahkan, menulis Q.S ar-Ruum: 41-42
8. Menulis, kandungan isi Q.S al-A'raf: 56
.
Selasa, 19 Maret 2013
Senin, 18 Maret 2013
KISI-KISI AKHLAK KELAS XI MIDSEMESTER GENAP 2012-2013
1. Pengertian toleransi
2. Dalil naqli toleransi
3. Asas-asas toleransi
4. Keutamaan toleransi
5. Pengertian kerukunan umat beragama
6. Dalil naqli kerukunan umat beragama
7. Trilogi kerukunan umat beragama
8. Contoh kerukunan umat beragama
9. Pengertian persatuan dan kesatuan
10.Dalil Naqli persatuan dan kesatuan
11.Cara menjaga persatuan
12.Perbuatan yang merusak persatuan
13.Hikmah persatuan dan kesatuan
14.Pengertian kekerasan
15.Dalil larangan berbuat kekerasan
16.Macam-macam kekerasan
17.Upaya mencegah kekerasan
18.Hikmah menjauhi kekerasan
19.Pengertian dusta
20.Macam-macam dusta
21.Bahaya dusta
22.Cara menghindari dusta
23.Pengertian riddah
24.Dalil naqli riddah
25.Macam-macam riddah
26.Hikmah menjauhi riddah
2. Dalil naqli toleransi
3. Asas-asas toleransi
4. Keutamaan toleransi
5. Pengertian kerukunan umat beragama
6. Dalil naqli kerukunan umat beragama
7. Trilogi kerukunan umat beragama
8. Contoh kerukunan umat beragama
9. Pengertian persatuan dan kesatuan
10.Dalil Naqli persatuan dan kesatuan
11.Cara menjaga persatuan
12.Perbuatan yang merusak persatuan
13.Hikmah persatuan dan kesatuan
14.Pengertian kekerasan
15.Dalil larangan berbuat kekerasan
16.Macam-macam kekerasan
17.Upaya mencegah kekerasan
18.Hikmah menjauhi kekerasan
19.Pengertian dusta
20.Macam-macam dusta
21.Bahaya dusta
22.Cara menghindari dusta
23.Pengertian riddah
24.Dalil naqli riddah
25.Macam-macam riddah
26.Hikmah menjauhi riddah
KISI-KISI SOAL MID SEMESTER GENAP AKHLAK KELAS X TP 2012-2013
1. Pengertian hasad
2. Dalil naqli hasad
3. Yang mendorong sifat hasad
4. Akibat hasad
5. Pengertian su'udhan
6. Dalil naqli su'udhan
7. Bahaya su'udhan
8. Cara mengatasi su'udhan
9. Pengertian khianat
10.Dalil naqli khianat
11.Akibat khianat
12.Cara menghindari khianat
13.Pengertian dhalim
14.Dalil naqli dhalim
15.Bentuk-bentuk kedhaliman
16.Akibat dhalim
17.Cara mengatasi kedhaliman
18.Pengertian ghadab
19.Dalil naqli ghadab
20.Yang dapat menimbulkan ghadab
21.Cara mengatasi ghadab
2. Dalil naqli hasad
3. Yang mendorong sifat hasad
4. Akibat hasad
5. Pengertian su'udhan
6. Dalil naqli su'udhan
7. Bahaya su'udhan
8. Cara mengatasi su'udhan
9. Pengertian khianat
10.Dalil naqli khianat
11.Akibat khianat
12.Cara menghindari khianat
13.Pengertian dhalim
14.Dalil naqli dhalim
15.Bentuk-bentuk kedhaliman
16.Akibat dhalim
17.Cara mengatasi kedhaliman
18.Pengertian ghadab
19.Dalil naqli ghadab
20.Yang dapat menimbulkan ghadab
21.Cara mengatasi ghadab
Minggu, 10 Maret 2013
KISI-KISI UAS AKHLAK XII
KISI-KISI UAS
SEKOLAH MENENGAH
ATAS MUHAMMADIYAH
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AKHLAQ kelas XII BENTUK
SOAL :
PILIHAN GANDA (A, B, C, D, E) & URAIAN
ALOKASI WAKTU :
90 MENIT JUMLAH
SOAL :
50 BUTIR SOAL PILIHAN GANDA 5 BUTIR SOAL URAIAN
No.
|
SK
|
KD
|
Indikator
|
Ranah
|
Kls
|
Smstr
|
1
|
Terbiasa
sifat-sifat terpuji kepada diri sendiri
|
1. Membiasakan
perilaku husnuzhan
|
o Siswa
mampu mengidentifikasi tanda-tanda orang yang berhusnudhan
|
C 1
|
X
|
Ganjil
|
2
|
Menghindari
akhlak tercela kepada diri sendiri
|
1. Terbiasa
menghindari sifat dhalim
|
o Siswa
mampu mengidentifikasi ayat Al-Qur’an yang terkait dengan bentuk-bentuk
kedhaliman
|
C 1
|
X
|
Genap
|
2. Terbiasa
menghindari sifat pelanggaran HAM dalam Islam
|
o Siswa
mampu menyebutkan isi yang terkandung dalam hak asasi manusia yang disepakati
hampir di seluruh dunia
|
C 1
|
X
|
Genap
|
||
3
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
1.
Berperilaku sesuai dengan adab
dalam perjalanan
|
o Siswa
mampu memilih beberapa hal perilaku adab dalam perjalanan yang dilakukan oleh
pejalan kaki dan pengemudi kendaraan bermotor
|
C 1
|
X
|
Genap
|
2.
Berperilaku sesuai dengan adab
dalam bertamu dan menerima tamu
|
o Siswa
mampu mengidentifikasi doa yang dilakukan oleh seorang tamu yang telah
selesai mencicipi makanan
|
C 1
|
X
|
Genap
|
||
4
|
Terbiasa
sifat-sifat terpuji kepada Allah dan Rasul
|
1.
Terbiasa diri berlaku taat dan
patuh
|
o Siswa mampu memilih
pilihan yang termasuk manfaat taat dan patuh kepada Allah
|
C 2
|
XI
|
Ganjil
|
2.
Terbiasa diri berlaku kerja
keras dan fastabiqul khoirat
|
o Siswa diberikan
pernyataan kemudian diminta untuk mengidentifikasinya ke dalam salah satu
ciri-ciri bekerja keras dan fastabiqul khairat
|
C 2
|
XI
|
Ganjil
|
||
3.
Terbiasa diri berlaku
meneladani Rasul
|
o Diberikan sebuah
contoh kemudian siswa diminta untuk mengidentifikasinya yang termasuk salah
satu keteladanan Rasulullah
|
C 2
|
XI
|
Ganjil
|
||
5
|
Membiasakan
perilaku terpuji kepada orang lain
|
1. Terbiasa
berperilaku toleransi dalam kehidupan
|
o Siswa
mampu menyebutkan asas-asas
toleransi dalam kehidupan
|
C 1
|
XI
|
Genap
|
2. Terbiasa
berperilaku terpuji dalam kerukunan hidup beragama
|
o Siswa dapat
menjelaskan dalil hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi
|
C 2
|
XI
|
Genap
|
||
3. Membiasakan
perilaku persatuan dan kesatuan dalam masyarakat
|
o Siswa dapat
menyebutkan empat pilar penyangga agar persatuan dan kesatuan dapat tegak
menurut Yunahar Ilyas
|
C 1
|
XI
|
Genap
|
||
6
|
Menghindari
akhlak tercela kepada sesama dan pencipta
|
1. Menghindari
perbuatan kekerasan dalam kehidupan
|
o Siswa mampu
menyebutkan macam-macam kekerasan
|
C 1
|
XI
|
Genap
|
2. Terbiasa
menghindari sifat dusta kepada Rasul
|
o Siswa mampu
menjelaskan asat keimanan dan kemunafikan menurut Imam Ibnu Qayyim
|
C 2
|
XI
|
Genap
|
||
3. Terbiasa
menghindari sifat syirik
|
o Siswa mampu
menjelaskan pengertian syirik secara istilah
|
C 1
|
XI
|
Genap
|
||
4. Terbiasa
menghindari sifat kufur ni’mat
|
o Siswa mampu
menyebutkan dampak kufur ni’mat
|
C 1
|
XI
|
Genap
|
||
5. Terbiasa
menghindari sifat durhaka
|
o Siswa mampu
menyebutkan akibat durhaka kepada orang tua
|
C 2
|
XI
|
Genap
|
||
7
|
Terbiasa
sifat-sifat terpuji kepada sesama dan lingkungan sekitar
|
1.Terbiasa berperilaku
kritis, focus dalam kehidupan sehari-hari
|
o
Siswa mampu mengidentifikasi sebuah ayat yang
berkaitan dengan berpikir kritis dan fokus
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
o
Siswa mampu menjelaskan krisis yang diperbolehkan
oleh agama Islam
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
2. Terbiasa
bertata-krama yang baik terhadap ayah, ibu, dan guru
|
o
Siswa mampu menyebutkan hikmah akhlak terhadap orang
tua
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan cara akhlak terhadap guru
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
3. Terbiasa
berperilaku terpuji dalam pergaulan terhadap pria dan wanita secara islami
|
o
Siswa mampu mennyebutkan batasan-batasan yang harus
diperhatikan dalam bergaul dengan lain jenis
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu mengidentifikasi hadits yang berkaitan
dengan pergaulan terhadap lawan jenis
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
4. Terbiasa
berperilaku terpuji terhadap orang yang lebih tua, lebih muda
|
o
Siswa mampu menjelaskan hakikat adab menurut Ibnu
Qayyim al-Jauziyyah
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan sebab-sebab kita harus
bersikap baik terhadap orang yang lebih tua
|
C1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
5. Terbiasa
berperilaku terpuji terhadap anak yatim, fakir, dan miskin
|
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian fakir
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan manfaat yang diperoleh
ketika berbuat baik terhadap anak yatim, fakir, dan miskin
|
C 2
|
XII
|
Ganjil
|
|||
6. Terbiasa
berperilaku terpuji: adil dalam kehidupan sehari-hari
|
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian adil menurut
Yunahar Ilyas
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Sisw mampu mengidentifikasi sebuah ayat yang
berkaitan dengan berbuat adil kepada Allah
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
7. Terbiasa
berperilaku terpuji: ridlo dalam kehidupan sehari-hari
|
o
Siswa mampu menjelaskan syukur yang dilakukan oleh
Umar bin Khathab
|
C 2
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri orang yang ridha
kepada Allah
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
8. Terbiasa
berperilaku terpuji: terhadap lingkungan sekitar
|
o
Siswa mampu memilih bentuk-bentuk perilaku terpuji
terhadap lingkungan
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu mengidentifikasi hal-hal yang termasuk
dalam pedoman hidup islami warga muhammadiyah yang berkaitan dengan
lingkungan
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
8
|
Menghindari
perilaku tercela kepada sesama
|
1. Terbiasa
menghindari sifat risywah
|
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian risywah
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
o
Siswa diminta mengidentifikasi dalil yang berkaitan
dengan larangan suap
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menyebutkan bahaya perilaku risywah
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
2. Terbiasa
menghindari sifat fitnah dan menggunjing
|
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian fitnah
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
||
o
Siswa mampu mengidentifikasi macam-macam bentuk
fitnah dalam Al-Qur’an
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menyebutkan cara menghindari fitnah
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menyebutkan bahaya sifat fitnah
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian tentang
menggunjing
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menjelaskan menggunjing dengan perbuatan
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
3. Terbiasa
menghindari berbuat kerusakan
|
o
Siswa mampu mengidentifikasi perbuatan yang dapat
menghindarkan diri dari perbuatan kerusakan
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
||
o
Siswa mampu menjelaskan timbulnya berbagai macam
kerusakan yang di utarakan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
4. Terbiasa
menghindari perampasan hak orang lain
|
o
Siswa mampu mengidentifikasi contoh dari merampas
hak guna pribadi
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan akibat dari merampas hak
orang lain
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian merampas hak
orang lain
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
5. Terbiasa
menghindari berlebih-lebihan (tabzir)
|
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian tabzir menurut
tafsir Ibnu Katsir
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan dampak dari sifat
berlebih-lebihan dan tabzir
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
9
|
Membiasakan
perilaku terpuji terhadap sesama
|
1. Terbiasa
saling menasihati dan berbuat baik
|
o
Siswa mampu menyebutkan dalil anjuran member nasihat
|
C1
|
XII
|
Genap
|
o
Siswa mampu menjelaskan ungkapan” agama merupakan
agama nasihat”
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menyebutkan tafsir kebaikan menurut
Muhammad Syaltut
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
2. Terbiasa
berperilaku terpuji dalam bermusyawarah untuk menyelesaikan setiap masalah
dan hidup berdemokrasi
|
o
Siswa mampu menjelaskan kata dasar dari musyawarah
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk musyawarah
yang ada dalam Al-Qur’an
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menjelaskan sikap yang harus dilakukan
pada saat bermusyawarah
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menyebutkan nilai-nilai yang terdapat
dalam demokrasi
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
s
Langganan:
Postingan (Atom)