KISI-KISI UAS
SEKOLAH MENENGAH
ATAS MUHAMMADIYAH
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AKHLAQ kelas XII BENTUK
SOAL :
PILIHAN GANDA (A, B, C, D, E) & URAIAN
ALOKASI WAKTU :
90 MENIT JUMLAH
SOAL :
50 BUTIR SOAL PILIHAN GANDA 5 BUTIR SOAL URAIAN
No.
|
SK
|
KD
|
Indikator
|
Ranah
|
Kls
|
Smstr
|
1
|
Terbiasa
sifat-sifat terpuji kepada diri sendiri
|
1. Membiasakan
perilaku husnuzhan
|
o Siswa
mampu mengidentifikasi tanda-tanda orang yang berhusnudhan
|
C 1
|
X
|
Ganjil
|
2
|
Menghindari
akhlak tercela kepada diri sendiri
|
1. Terbiasa
menghindari sifat dhalim
|
o Siswa
mampu mengidentifikasi ayat Al-Qur’an yang terkait dengan bentuk-bentuk
kedhaliman
|
C 1
|
X
|
Genap
|
2. Terbiasa
menghindari sifat pelanggaran HAM dalam Islam
|
o Siswa
mampu menyebutkan isi yang terkandung dalam hak asasi manusia yang disepakati
hampir di seluruh dunia
|
C 1
|
X
|
Genap
|
||
3
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
1.
Berperilaku sesuai dengan adab
dalam perjalanan
|
o Siswa
mampu memilih beberapa hal perilaku adab dalam perjalanan yang dilakukan oleh
pejalan kaki dan pengemudi kendaraan bermotor
|
C 1
|
X
|
Genap
|
2.
Berperilaku sesuai dengan adab
dalam bertamu dan menerima tamu
|
o Siswa
mampu mengidentifikasi doa yang dilakukan oleh seorang tamu yang telah
selesai mencicipi makanan
|
C 1
|
X
|
Genap
|
||
4
|
Terbiasa
sifat-sifat terpuji kepada Allah dan Rasul
|
1.
Terbiasa diri berlaku taat dan
patuh
|
o Siswa mampu memilih
pilihan yang termasuk manfaat taat dan patuh kepada Allah
|
C 2
|
XI
|
Ganjil
|
2.
Terbiasa diri berlaku kerja
keras dan fastabiqul khoirat
|
o Siswa diberikan
pernyataan kemudian diminta untuk mengidentifikasinya ke dalam salah satu
ciri-ciri bekerja keras dan fastabiqul khairat
|
C 2
|
XI
|
Ganjil
|
||
3.
Terbiasa diri berlaku
meneladani Rasul
|
o Diberikan sebuah
contoh kemudian siswa diminta untuk mengidentifikasinya yang termasuk salah
satu keteladanan Rasulullah
|
C 2
|
XI
|
Ganjil
|
||
5
|
Membiasakan
perilaku terpuji kepada orang lain
|
1. Terbiasa
berperilaku toleransi dalam kehidupan
|
o Siswa
mampu menyebutkan asas-asas
toleransi dalam kehidupan
|
C 1
|
XI
|
Genap
|
2. Terbiasa
berperilaku terpuji dalam kerukunan hidup beragama
|
o Siswa dapat
menjelaskan dalil hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi
|
C 2
|
XI
|
Genap
|
||
3. Membiasakan
perilaku persatuan dan kesatuan dalam masyarakat
|
o Siswa dapat
menyebutkan empat pilar penyangga agar persatuan dan kesatuan dapat tegak
menurut Yunahar Ilyas
|
C 1
|
XI
|
Genap
|
||
6
|
Menghindari
akhlak tercela kepada sesama dan pencipta
|
1. Menghindari
perbuatan kekerasan dalam kehidupan
|
o Siswa mampu
menyebutkan macam-macam kekerasan
|
C 1
|
XI
|
Genap
|
2. Terbiasa
menghindari sifat dusta kepada Rasul
|
o Siswa mampu
menjelaskan asat keimanan dan kemunafikan menurut Imam Ibnu Qayyim
|
C 2
|
XI
|
Genap
|
||
3. Terbiasa
menghindari sifat syirik
|
o Siswa mampu
menjelaskan pengertian syirik secara istilah
|
C 1
|
XI
|
Genap
|
||
4. Terbiasa
menghindari sifat kufur ni’mat
|
o Siswa mampu
menyebutkan dampak kufur ni’mat
|
C 1
|
XI
|
Genap
|
||
5. Terbiasa
menghindari sifat durhaka
|
o Siswa mampu
menyebutkan akibat durhaka kepada orang tua
|
C 2
|
XI
|
Genap
|
||
7
|
Terbiasa
sifat-sifat terpuji kepada sesama dan lingkungan sekitar
|
1.Terbiasa berperilaku
kritis, focus dalam kehidupan sehari-hari
|
o
Siswa mampu mengidentifikasi sebuah ayat yang
berkaitan dengan berpikir kritis dan fokus
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
o
Siswa mampu menjelaskan krisis yang diperbolehkan
oleh agama Islam
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
2. Terbiasa
bertata-krama yang baik terhadap ayah, ibu, dan guru
|
o
Siswa mampu menyebutkan hikmah akhlak terhadap orang
tua
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan cara akhlak terhadap guru
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
3. Terbiasa
berperilaku terpuji dalam pergaulan terhadap pria dan wanita secara islami
|
o
Siswa mampu mennyebutkan batasan-batasan yang harus
diperhatikan dalam bergaul dengan lain jenis
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu mengidentifikasi hadits yang berkaitan
dengan pergaulan terhadap lawan jenis
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
4. Terbiasa
berperilaku terpuji terhadap orang yang lebih tua, lebih muda
|
o
Siswa mampu menjelaskan hakikat adab menurut Ibnu
Qayyim al-Jauziyyah
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan sebab-sebab kita harus
bersikap baik terhadap orang yang lebih tua
|
C1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
5. Terbiasa
berperilaku terpuji terhadap anak yatim, fakir, dan miskin
|
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian fakir
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan manfaat yang diperoleh
ketika berbuat baik terhadap anak yatim, fakir, dan miskin
|
C 2
|
XII
|
Ganjil
|
|||
6. Terbiasa
berperilaku terpuji: adil dalam kehidupan sehari-hari
|
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian adil menurut
Yunahar Ilyas
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Sisw mampu mengidentifikasi sebuah ayat yang
berkaitan dengan berbuat adil kepada Allah
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
7. Terbiasa
berperilaku terpuji: ridlo dalam kehidupan sehari-hari
|
o
Siswa mampu menjelaskan syukur yang dilakukan oleh
Umar bin Khathab
|
C 2
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri orang yang ridha
kepada Allah
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
8. Terbiasa
berperilaku terpuji: terhadap lingkungan sekitar
|
o
Siswa mampu memilih bentuk-bentuk perilaku terpuji
terhadap lingkungan
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
||
o
Siswa mampu mengidentifikasi hal-hal yang termasuk
dalam pedoman hidup islami warga muhammadiyah yang berkaitan dengan
lingkungan
|
C 1
|
XII
|
Ganjil
|
|||
8
|
Menghindari
perilaku tercela kepada sesama
|
1. Terbiasa
menghindari sifat risywah
|
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian risywah
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
o
Siswa diminta mengidentifikasi dalil yang berkaitan
dengan larangan suap
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menyebutkan bahaya perilaku risywah
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
2. Terbiasa
menghindari sifat fitnah dan menggunjing
|
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian fitnah
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
||
o
Siswa mampu mengidentifikasi macam-macam bentuk
fitnah dalam Al-Qur’an
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menyebutkan cara menghindari fitnah
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menyebutkan bahaya sifat fitnah
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian tentang
menggunjing
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menjelaskan menggunjing dengan perbuatan
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
3. Terbiasa
menghindari berbuat kerusakan
|
o
Siswa mampu mengidentifikasi perbuatan yang dapat
menghindarkan diri dari perbuatan kerusakan
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
||
o
Siswa mampu menjelaskan timbulnya berbagai macam
kerusakan yang di utarakan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
4. Terbiasa
menghindari perampasan hak orang lain
|
o
Siswa mampu mengidentifikasi contoh dari merampas
hak guna pribadi
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan akibat dari merampas hak
orang lain
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian merampas hak
orang lain
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
5. Terbiasa
menghindari berlebih-lebihan (tabzir)
|
o
Siswa mampu menjelaskan pengertian tabzir menurut
tafsir Ibnu Katsir
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan dampak dari sifat
berlebih-lebihan dan tabzir
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
9
|
Membiasakan
perilaku terpuji terhadap sesama
|
1. Terbiasa
saling menasihati dan berbuat baik
|
o
Siswa mampu menyebutkan dalil anjuran member nasihat
|
C1
|
XII
|
Genap
|
o
Siswa mampu menjelaskan ungkapan” agama merupakan
agama nasihat”
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menyebutkan tafsir kebaikan menurut
Muhammad Syaltut
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
2. Terbiasa
berperilaku terpuji dalam bermusyawarah untuk menyelesaikan setiap masalah
dan hidup berdemokrasi
|
o
Siswa mampu menjelaskan kata dasar dari musyawarah
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
||
o
Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk musyawarah
yang ada dalam Al-Qur’an
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menjelaskan sikap yang harus dilakukan
pada saat bermusyawarah
|
C 2
|
XII
|
Genap
|
|||
o
Siswa mampu menyebutkan nilai-nilai yang terdapat
dalam demokrasi
|
C 1
|
XII
|
Genap
|
s
Tidak ada komentar:
Posting Komentar