Minggu, 10 Maret 2013

KISI-KISI UAS AKHLAK XII


KISI-KISI UAS
SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


MATA PELAJARAN              : PENDIDIKAN AKHLAQ kelas XII                                                                    BENTUK SOAL                      : PILIHAN GANDA (A, B, C, D, E) & URAIAN
ALOKASI WAKTU                : 90 MENIT                                                                                                                     JUMLAH SOAL                      : 50 BUTIR SOAL PILIHAN GANDA                                                                                                                                                                                                                                        5 BUTIR SOAL URAIAN
                                                          
No.
SK
KD
Indikator
Ranah
Kls
Smstr
1
Terbiasa sifat-sifat terpuji kepada diri sendiri
1.  Membiasakan perilaku husnuzhan
o  Siswa mampu mengidentifikasi tanda-tanda orang yang berhusnudhan
C 1
X
Ganjil
2
Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri
1.  Terbiasa menghindari sifat dhalim
o  Siswa mampu mengidentifikasi ayat Al-Qur’an yang terkait dengan bentuk-bentuk kedhaliman
C 1
X
Genap
2.  Terbiasa menghindari sifat pelanggaran HAM dalam Islam
o  Siswa mampu menyebutkan isi yang terkandung dalam hak asasi manusia yang disepakati hampir di seluruh dunia
C 1
X
Genap
3
Membiasakan perilaku terpuji
1.   Berperilaku sesuai dengan adab dalam perjalanan
o  Siswa mampu memilih beberapa hal perilaku adab dalam perjalanan yang dilakukan oleh pejalan kaki dan pengemudi kendaraan bermotor
C 1
X
Genap
2.   Berperilaku sesuai dengan adab dalam bertamu dan menerima tamu
o  Siswa mampu mengidentifikasi doa yang dilakukan oleh seorang tamu yang telah selesai mencicipi makanan
C 1
X
Genap
4
Terbiasa sifat-sifat terpuji kepada Allah dan Rasul
1.   Terbiasa diri berlaku taat dan patuh
o  Siswa mampu memilih pilihan yang termasuk manfaat taat dan patuh kepada Allah
C 2
XI
Ganjil
2.   Terbiasa diri berlaku kerja keras dan fastabiqul khoirat
o  Siswa diberikan pernyataan kemudian diminta untuk mengidentifikasinya ke dalam salah satu ciri-ciri bekerja keras dan fastabiqul khairat
C 2
XI
Ganjil
3.   Terbiasa diri berlaku meneladani Rasul
o  Diberikan sebuah contoh kemudian siswa diminta untuk mengidentifikasinya yang termasuk salah satu keteladanan Rasulullah
C 2
XI
Ganjil
5
Membiasakan perilaku terpuji kepada orang lain
1. Terbiasa berperilaku toleransi dalam kehidupan
o  Siswa mampu menyebutkan asas-asas toleransi dalam kehidupan
C 1
XI
Genap
2. Terbiasa berperilaku terpuji dalam kerukunan hidup beragama
o  Siswa dapat menjelaskan dalil hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi
C 2
XI
Genap
3. Membiasakan perilaku persatuan dan kesatuan dalam masyarakat
o  Siswa dapat menyebutkan empat pilar penyangga agar persatuan dan kesatuan dapat tegak menurut Yunahar Ilyas
C 1
XI
Genap
6
Menghindari akhlak tercela kepada sesama dan pencipta
1. Menghindari perbuatan kekerasan dalam kehidupan
o  Siswa mampu menyebutkan macam-macam kekerasan
C 1
XI
Genap
2. Terbiasa menghindari sifat dusta kepada Rasul
o  Siswa mampu menjelaskan asat keimanan dan kemunafikan menurut Imam Ibnu Qayyim
C 2
XI
Genap
3. Terbiasa menghindari sifat syirik
o  Siswa mampu menjelaskan pengertian syirik secara istilah
C 1
XI
Genap
4. Terbiasa menghindari sifat kufur ni’mat
o  Siswa mampu menyebutkan dampak kufur ni’mat
C 1
XI
Genap
5. Terbiasa menghindari sifat durhaka
o  Siswa mampu menyebutkan akibat durhaka kepada orang tua
C 2
XI
Genap
7
Terbiasa sifat-sifat terpuji kepada sesama dan lingkungan sekitar
1.Terbiasa berperilaku kritis, focus dalam kehidupan sehari-hari
o  Siswa mampu mengidentifikasi sebuah ayat yang berkaitan dengan berpikir kritis dan fokus
C 1
XII
Ganjil
o  Siswa mampu menjelaskan krisis yang diperbolehkan oleh agama Islam
C 1
XII
Ganjil
2. Terbiasa bertata-krama yang baik terhadap ayah, ibu, dan guru
o  Siswa mampu menyebutkan hikmah akhlak terhadap orang tua
C 1
XII
Ganjil
o  Siswa mampu menyebutkan cara akhlak terhadap guru
C 1
XII
Ganjil
3. Terbiasa berperilaku terpuji dalam pergaulan terhadap pria dan wanita secara islami
o  Siswa mampu mennyebutkan batasan-batasan yang harus diperhatikan dalam bergaul dengan lain jenis
C 1
XII
Ganjil
o  Siswa mampu mengidentifikasi hadits yang berkaitan dengan pergaulan terhadap lawan jenis
C 1
XII
Ganjil
4. Terbiasa berperilaku terpuji terhadap orang yang lebih tua, lebih muda
o  Siswa mampu menjelaskan hakikat adab menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah
C 1
XII
Ganjil
o  Siswa mampu menyebutkan sebab-sebab kita harus bersikap baik terhadap orang yang lebih tua
C1
XII
Ganjil
5. Terbiasa berperilaku terpuji terhadap anak yatim, fakir, dan miskin
o  Siswa mampu menjelaskan pengertian fakir
C 1
XII
Ganjil
o  Siswa mampu menyebutkan manfaat yang diperoleh ketika berbuat baik terhadap anak yatim, fakir, dan miskin
C 2
XII
Ganjil
6. Terbiasa berperilaku terpuji: adil dalam kehidupan sehari-hari
o  Siswa mampu menjelaskan pengertian adil menurut Yunahar Ilyas
C 1
XII
Ganjil
o  Sisw mampu mengidentifikasi sebuah ayat yang berkaitan dengan berbuat adil kepada Allah
C 1
XII
Ganjil
7. Terbiasa berperilaku terpuji: ridlo dalam kehidupan sehari-hari
o  Siswa mampu menjelaskan syukur yang dilakukan oleh Umar bin Khathab
C 2
XII
Ganjil
o  Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri orang yang ridha kepada Allah
C 1
XII
Ganjil
8. Terbiasa berperilaku terpuji: terhadap lingkungan sekitar
o  Siswa mampu memilih bentuk-bentuk perilaku terpuji terhadap lingkungan
C 1
XII
Ganjil
o  Siswa mampu mengidentifikasi hal-hal yang termasuk dalam pedoman hidup islami warga muhammadiyah yang berkaitan dengan lingkungan
C 1
XII
Ganjil
8
Menghindari perilaku tercela kepada sesama
1. Terbiasa menghindari sifat risywah
o  Siswa mampu menjelaskan pengertian risywah
C 2
XII
Genap
o  Siswa diminta mengidentifikasi dalil yang berkaitan dengan larangan suap
C 1
XII
Genap
o  Siswa mampu menyebutkan bahaya perilaku risywah
C 1
XII
Genap
2. Terbiasa menghindari sifat fitnah dan menggunjing
o  Siswa mampu menjelaskan pengertian fitnah
C 2
XII
Genap
o  Siswa mampu mengidentifikasi macam-macam bentuk fitnah dalam Al-Qur’an
C 1
XII
Genap
o  Siswa mampu menyebutkan cara menghindari fitnah
C 1
XII
Genap
o  Siswa mampu menyebutkan bahaya sifat fitnah
C 1
XII
Genap
o  Siswa mampu menjelaskan pengertian tentang menggunjing
C 2
XII
Genap
o  Siswa mampu menjelaskan menggunjing dengan perbuatan
C 2
XII
Genap
3. Terbiasa menghindari berbuat kerusakan
o  Siswa mampu mengidentifikasi perbuatan yang dapat menghindarkan diri dari perbuatan kerusakan
C 1
XII
Genap
o  Siswa mampu menjelaskan timbulnya berbagai macam kerusakan yang di utarakan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah
C 2
XII
Genap
4. Terbiasa menghindari perampasan hak orang lain
o  Siswa mampu mengidentifikasi contoh dari merampas hak guna pribadi
C 1
XII
Genap
o  Siswa mampu menyebutkan akibat dari merampas hak orang lain
C 1
XII
Genap
o  Siswa mampu menjelaskan pengertian merampas hak orang lain
C 2
XII
Genap
5. Terbiasa menghindari berlebih-lebihan (tabzir)
o  Siswa mampu menjelaskan pengertian tabzir menurut tafsir Ibnu Katsir
C 2
XII
Genap
o  Siswa mampu menyebutkan dampak dari sifat berlebih-lebihan dan tabzir
C 1
XII
Genap
9
Membiasakan perilaku terpuji terhadap sesama
1. Terbiasa saling menasihati dan berbuat baik
o  Siswa mampu menyebutkan dalil anjuran member nasihat
C1
XII
Genap
o  Siswa mampu menjelaskan ungkapan” agama merupakan agama nasihat”
C 2
XII
Genap
o  Siswa mampu menyebutkan tafsir kebaikan menurut Muhammad Syaltut
C 1
XII
Genap
2. Terbiasa berperilaku terpuji dalam bermusyawarah untuk menyelesaikan setiap masalah dan hidup berdemokrasi
o  Siswa mampu menjelaskan kata dasar dari musyawarah
C 2
XII
Genap
o  Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk musyawarah yang ada dalam Al-Qur’an
C 1
XII
Genap
o  Siswa mampu menjelaskan sikap yang harus dilakukan pada saat bermusyawarah
C 2
XII
Genap
o  Siswa mampu menyebutkan nilai-nilai yang terdapat dalam demokrasi
C 1
XII
Genap
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar