
DINAS PENDIDIKAN
SMA
NEGERI 2 YOGYAKARTA
Jl. Bener, Tegalrejo, Yogyakarta Kode Pos :
55243 Telp. (0274) 563647, Fax. 520079
HOTLINE SMS : 0812278001 HOTLINE EMAIL :
upik@jogjakarta.go.id
Web : www.sman2jogja.sch.id

KISI-KISI
PENULISAN SOAL PTS SEMESTER GANJIL TP
2016 - 2017
Nama Sekolah : SMAN 2 Yogyakarta
Waktu : 90
menit
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Jenis
Soal : Uraian
Kelas/Program : XII/MIIA/IIS
Jumlah
soal : 38
Hari, tanggal : Sabtu, 24 September 2016
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Kompetensi Inti :
(KI 1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(KI 2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
(KI
3) :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
(KI 4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
1
|
3.1 Menganalisis
Q.S. Ali Imran (3): 190-191
|
Q.S. Ali-Imran (3)
: 190-191
|
Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali-Imran (3)
: 190-191
|
4
(IV)
|
Uraian
|
2
|
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
|
|
Menyebutkan
arti Q.S. Ali- Imran (3) : 190-191
Mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S.
Ali- Imran (3) : 190-191
|
1-10 (II)
1-2 (IV)
1-5 (III)
|
Uraian
|
3
|
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3):
190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar
|
|
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali- Imran (3) : 190-191
|
1-2 (I)
|
Uraian
|
4
|
3.2 Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 tentang
saling menasihati
|
Q.S. Luqman (31): 13-14
|
Menjelaskan isi kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14
|
4 (V)
|
Uraian
|
5
|
4.2.1
Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul
huruf.
|
|
Menyebutkan
arti Q.S. Luqman (31): 13-14
Mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S.
Luqman (31): 13-14
|
11-15
(I)
3
(IV)
6-10
(III)
|
Uraian
|
6
|
4.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar.
|
|
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14
|
3-4
(I)
|
Uraian
|
7
|
3.3 Memahami
makna iman kepada hari akhir
|
Beriman kepada hari akhir
|
Menyebutkan tahapan perjalanan manusia menuju alam baqa
Menjelaskan Hari Kiamat menurut ilmu pengetahuan
Menjelaskan bukti kebenaran Hari Akhir
|
7,8,
9,10 (IV)
|
Uraian
|
8
|
4.4 Berperilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha
dan Qadar Allah SWT
|
|
Menunjukkan
perilaku mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran
beriman kepada hari akhir
|
6
(IV)
|
Uraian
|
Yogyakarta, 13 September 2016
Guru Mapel
Sangidah Rofi’ah,S.Ag.,
M.S.I
NIP/NIPTT 1977071020052001200
Tidak ada komentar:
Posting Komentar