1
|
Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat
(49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
Menelaah Q.S. Al-Anfal : 72, Q.S. Al-Hujurat :
12, dan QS Al-Hujurat :
10, serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
Disajikan Q.S. Al-Anfal : 72, Q.S.
Al-Hujurat: 12, QS Al-Hujurat :
10 tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan, persaudaraan (ukhuwah) yang tidak
lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut
|
1
|
Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S.
An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan zina.
|
Mengidentifikasi hukum tajwid Q.S. Al-Isra : 32, dan QS. An-Nur : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
|
Disajikan tabel ayat dan hukum tajwid Q.S. Al-Isra:
32 dan Q.S.
An-Nur: 2
tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum tajwid dan pasangan
ayatnya
|
2
|
Menganalisis
Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : 39 dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits
tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
|
Mengidentifikasi kandungan Q.S.
Al-Isra: 32, dan QS. An-Nur: 2 tentang larangan
pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
Disajikan Q.S. Al-Isra :
32 atau Q.S.
An-Nur:
2, peserta didik dapat mengidentifikasi kandungan ayat tersebut.
|
3
|
Menemukan Q.S. Al-Maidah : 48,
Q.S.
Az-Zumar : 39 dan Q.S.
At-Taubah : 105 serta
hadits tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
|
Disajikan kutipan Q.S. Al-Maidah: 48, Q.S. Az-Zumar: 39 atau Q.S.
At-Taubah : 105 tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan
etos kerja, peserta didik dapat menemukan
hukum tajwid pada ayat yang
bergaris
bawah.
|
4
|
|
Mengurutkan susunan Q.S. Al-Maidah
: 48, Q.S. Az-Zumar : 39 dan Q.S. At-Taubah : 105 tentang taat,
kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
|
Disajikan beberapa potongan
ayat Q.S. Al-Maidah : 48, Q.S. Az-Zumar : 39 atau Q.S. At-Taubah
: 105 tentang
taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja yang disusun secara acak, peserta didik dapat mengurutkan susunan ayat tersebut secara
utuh
|
5
|
Menganalisis
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang
toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
|
Menentukan
kandungan
Q.S. Yunus : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah : 32 tentang toleransi,
rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
Disajikan
narasi tentang
sikap toleransi,
rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan,
peserta didik dapat menentukan ayat yang sesuai
dengan sikap tersebut.
|
6
|
Menunjukkan
perilaku
hidup bertoleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
sebagaimana yang terkandung dalam Q.S.
Yunus : 40-41 dan Q.S.
Al-Maidah : 32
|
Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku yang mencerminkan sikap toleransi, rukun, dan menghindarkan diri
dari tindak kekerasan berdasarkan Q.S. Yunus :
40-41 atau Q.S. Al-Maidah :
32,
peserta didik dapat menganalisis perilaku yang sesuai
|
7
|
Menganalisis Q.S. Ali
Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadits tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis.
|
Melengkapi Q.S. Ali Imran
: 190-191, dan Q.S. Ali Imran : 159, serta hadits tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis
|
Disajikan kutipan salah satu
dari Q.S. Ali Imran : 190-191 atau Q.S. Ali Imran : 159,
tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis yang tidak lengkap, peserta
didik dapat melengkapi ayat
tersebut.
|
8
|
menemukan terjemah ayat Q.S.
Ali Imran
: 190-191 atau Q.S. Ali Imran : 159 tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis
|
Disajikan kutipan salah
satu ayat Q.S.
Ali Imran
: 190-191 atau Q.S. Ali Imran : 159 tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis, peserta didik dapat menemukan terjemah ayat yang bergaris bawah
|
9
|
Menganalisis
perilaku
hidup yang mencerminkan budaya berpikir kritis dan bersikap demokratis sesuai
dengan hadits yang terkait
|
Disajikan
hadits tentang
berpikir kritis dan bersikap demokratis, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan hadits tersebut
|
10
|
Menganalisis Q.S. Luqman/31: 13-14 dan
Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta hadits tentang saling nasihat-menasihati
dan berbuat baik (ihsan).
|
Menganalisis Q.S. Luqman :
13-14 dan Q.S. al-Baqarah : 83, serta
hadits tentang saling nasihat-menasihati dan berbuat baik (ihsan).
|
Disajikan tabel mufradat salah satu dari Q.S. Luqman: 13-14 atau
Q.S.
al-Baqarah : 83 tentang perintah saling nasihat-menasihati
dan berbuat baik (ihsan), peserta didik
dapat memasangkan lafadz dan artinya dengan benar
|
11
|
Disajikan salah satu dari Q.S. Luqman : 13-14 atau Q.S.
Al-Baqarah: 83, tentang tentang
kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada
sesama manusia, peserta didik dapat menentukan
terjemah ayat yang bergaris bawah.
|
12
|
2
|
Memahami makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
|
Mengidentifikasi perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap 7 sifat Allah dalam Asmaul Husna : al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
|
Disajikan
narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan kehidupan manusia, peserta
didik dapat mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan salah satu dari 7
sifat Allah SWT dalam Asma’ul Husna : al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir
|
13
|
Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
|
Menentukan
perilaku yang mencerminankan beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
narasi tentang tugas salah satu malaikat yang berkaitan dengan kehidupan
manusia, peserta didik dapat menentukan perilaku beriman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
|
14
|
Memahami makna
iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
|
Menentukan perilaku
beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
Disajikan
narasi tentang isi kitab-kitab Allah Swt., peserta didik dapat menentukan perilaku beriman kepada
kitab-kitab-Nya.
|
15
|
Memahami makna
iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
|
Menemukan perilaku beriman kepada rasul-rasul Allah SWT
|
Disajikan
ilustrasi kehidupan
rasul, peserta didik dapat menemukan perilaku beriman kepada Rasul Allah
dalam kehidupan sehari-hari.
|
16
|
Menunjukkan
perilaku beriman kepada rasul-rasul Allah SWT
|
Disajikan
narasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku
yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
17
|
Memahami makna iman kepada hari akhir
|
Menganalisis
pengertian beriman kepada hari akhir.
|
Disajikan deskripsi pengertian iman kepada hari akhir peserta didik dapat mengaitkan hari akhir dengan ilmu pengetahuan
|
18
|
Menemukan
perilaku yang mencerminkan keimanan kepada hari akhir.
|
Disajikan
ilustrasi peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menemukan
contoh perilaku
beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari
|
19
|
Mengidentifikasi hikmah beriman kepada
hari akhir.
|
Ditampilkan
narasi tentang hari akhir, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah
beriman kepada hari akhir
|
20
|
Memahami makna iman
kepada qadha dan qadar
|
Menentukan
tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
|
Disajikan
narasi tentang qadha dan qadar Allah dalam kehidupan manusia,
peserta didik dapat menentukan tanda-tanda beriman kepada qadha dan qadar
Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari
|
21
|
Menunjukkan perilaku
beriman kepada qadha dan qadar.
|
Disajikan
ilustrasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan contoh
perilaku yang mencerminkan beriman
kepada qadha dan qadar Allah Swt.
|
22
|
3
|
Memahami manfaat
dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
Mengidentifikasimanfaat dan hikmah larangan pergaulan
bebas dan perbuatan zina
|
Disajikan ilustrasi
pergaulan remaja, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat atau hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan
zina
|
23
|
Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an nafs),
prasangka baik (husnudzan) dan
persaudaraan, dan menerapkannya dalam kehidupan.
|
Menunjukkan prilaku kontrol diri (mujahadah an nafs), prasangka baik (husnudzan) dan persaudaraan, dan
menerapkannya dalam kehidupan.
|
Disajikan ilustrasi kehidupan di
masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan prilaku kontrol diri (mujahadah an nafs), prasangka baik (husnudzan), atau persaudaraan (ukhuwah).
|
24
|
Memahami taat kepada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan bekerja keras
|
Mengidentifikasi taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
|
Disajikan
ilustrasi kehidupan di masyarakat,
peserta didik dapat mengidentifikasi prilaku taat kepada aturan, kompetisi
dalam kebaikan, atau bekerja keras.
|
25
|
Memahami makna toleransi dan kerukunan
|
Menunjukkan hikmah toleransi dan kerukunan
|
Disajikan
ilustrasi kehidupan beragama di Indonesia, peserta didik dapat
menunjukkan hikmah toleransi dan
kerukunan
|
26
|
Mengidentifikasi sikap toleran dan rukun
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang prilaku beragama, peserta didik dapat
mengidentifikasi sikap toleran dan
rukun.
|
27
|
Memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam
kehidupan
|
Menentukan
bahaya perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
|
Disajikan contoh kasus tindak
kekerasan yang terjadi di masyarakat, peserta didik dapat menentukan bahaya prilaku tindak
kekerasan dalam kehidupan.
|
28
|
Memahami
hikmah dan manfaat saling nasihat-menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan
|
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat saling
menasihati dan berbuat baik (ihsan)
dalam kehidupan
|
Disajikan ilustrsi kehidupan pada era teknologi
informasi, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah atau manfaat saling menasihati dan
berbuat baik (ihsan) dalam
kehidupan
|
29
|
Menemukan cara menasihati dan berbuat baik dalam
kehidupan
|
Disajikan sebuah kisah, peserta
didik dapat menemukan cara menasihati atau berbuat baik dalam kehidupan.
|
30
|
4
|
Memahami sumber
hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
|
Menentukan
pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam dan hukum taklifi.
|
Disajikan ilustrasi permasalahan fiqh yang berkembang di
masyarakat, peserta didik dapat menyimpulkan
fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, atau Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
|
31
|
Memahami hukum Islam tentang infak, zakat, dan wakaf.
|
Menjelaskan
ketentuan syar’i tentang infak, zakat, dan wakaf.
|
Disajikan deskripsi tentang infak, zakat, atau wakaf, peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuannya.
|
32
|
Memahami hukum Islam tentang muamalah.
|
Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam
Islam
|
Disajikan deskripsi bentuk jual beli, peserta didik dapat
menentukan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
33
|
Disajikan ilustrasi tentang bentuk kerjasama ekonomi, peserta
didik dapat menyimpulkan salah satu macam bentuk kerjasama ekonomi.
|
34
|
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
|
Menjelaskan tatacara
pengurusan
jenazah.
|
Disajikan ilustrasi tentang meninggalnya seseorang, peserta
didik dapat menentukan kewajiban terhadap jenazah.
|
35
|
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga.
|
Menentukan tata cara memandikan, mengkafani, menyolatkan, atau
menguburkan jenazah.
|
Disajikan ilustrasi tentang penyelenggaraan
jenazah, peserta didik dapat menentukan tata cara memandikan, mengkafani,
menyolatkan, atau menguburkan jenazah.
|
36
|
Menjelaskan ketentuan hukum, syarat, dan rukun nikah.
|
Disajikan ilustrasi tentang pernikahan, peserta didik dapat
menentukan hukum, syarat, atau rukun nikah.
|
37
|
Menelaah
ketentuan dan sahnya pernikahan menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 1974
|
Disajikan ilustrasi tentang problematika pernikahan, peserta
didik dapat menentukan
ketentuan atau sahnya pernikahan
menurut Undang-undang.
|
38
|
Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris.
|
Menjelaskan ketentuan tentang talaq,
dan ruju’.
|
Disajikan deskripsi tentang permasalahan pernikahan, peserta
didik dapat menentukan ketentuan, talak, iddah, atau ruju’.
|
39
|
Menjelaskan ketentuan-ketentuan tentang ahli waris.
|
Disajikan narasi tentang ahli waris, peserta didik dapat
menentukan bagian ahli waris.
|
40
|
|
Menghitung bagian
masing-masing ahli waris.
|
Disajikan ilustrasi tentang contoh pembagian warisan, peserta
didik dapat menghitung bagian masing-masing ahli waris.
|
41
|
Menganalisis hikmah dan manfaat hukum
waris Islam
|
Disajikan deskripsi tentang waris, peserta
didik dapat mengidentifikasi hikmah atau manfaat hukum waris.
|
42
|
5
|
Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw.
di Mekah
|
Mengidentifikasi substansi dan strategi dakwah
Rasullullah Saw. periode Mekah.
|
Disajikan sejarah
Rasulullah Saw. periode Makah, peserta didik dapat mengidentifikasi substansi
atau strategi dakwah Rasululullah Saw. di
Mekah.
|
43
|
Memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw.
di Madinah
|
Menunjukkan substansi dan
strategi dakwah Rasullullah Saw. periode Madinah
|
Disajikan sejarah Rasulullah Saw. periode Madinah, peserta didik dapat menunjukkan
substansi atau
strategi dakwah Rasulullah
SAW di
Madinah
|
44
|
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
|
Menentukan peradaban Islam pada masa kejayaan
|
Disajikan bukti peradaban Islam pada masa kejayaan, peserta didik dapat menentukan tokoh yang menghasilkan karya tersebut
|
45
|
Menelaah perkembangan Islam pada masa modern
(1800- sekarang)
|
Memasangkan nama-nama tokoh dan karya tokoh Islam pada
masa modern
|
Disajikan
tabel tentang nama-nama tokoh dan karyanya pada masa modern, peserta didik dapat memasangkan dengan benar
|
46
|
Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
Menentukan strategi dakwah
dan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Disajikan sejarah perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan
strategi dakwah atau perkembangan Islam di Indonesia
|
47
|
Menunjukkan keteladan tokoh Islam di Indonesia.
|
Disajikan profil tokoh Islam di Indonesia,
peserta didik dapat menunjukkan keteladanan tokoh tersebut
|
48
|
Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan
kemunduran peradaban Islam di dunia
|
Menunjukkan contoh perkembangan Islam di dunia.
|
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di
dunia, peserta didik dapat menunjukkan salah satu bukti perkembangan Islam di
dunia.
|
49
|
|
Menemukan faktor-faktor kemajuan dan kemunduran Islam di dunia
|
Disajikan
narasi tentang Islam di dunia, peserta didik dapat menemukan faktor-faktor kemajuan
atau kemunduran Islam di dunia
|
50
|