Kamis, 15 September 2016

Kisi-Kisi PTS PAI Semester Gasal Kelas 12 SMAN 2 YK 2016-2017 ( REVISI)

KISI-KISI PENULISAN SOAL PTS SEMESTER GANJIL TP 2016 - 2017
 Kompetensi Inti                 :
(KI 3)  :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(KI 4)  :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


No.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No. Soal
Bentuk Soal
1
3.1 Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191

Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191
Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191

4
(IV)
Uraian
2
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.



Menyebutkan arti Q.S. Ali- Imran (3) : 190-191

Mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Ali- Imran (3) : 190-191


1-10 (II)
1-2 (IV)
1-5 (III)
Uraian
3
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dengan lancer

Mendemonstrasikan hafalan dengan melengkapi ayat yang terdapat dalam Q.S. Ali- Imran (3) : 190-191

1-2 (I)
Uraian
4

3.2 Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 tentang saling menasihati
Q.S. Luqman (31): 13-14
Menjelaskan isi kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14
4 (V)
Uraian
5
4.2.1 Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.



Menyebutkan arti Q.S. Luqman (31): 13-14

Mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Luqman (31): 13-14

11-15 (I)
3 (IV)
6-10 (III)
Uraian
6
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 denagn lancar.


Mendemonstrasikan hafalan dengan melengkapi ayat yang terdapat dalam Q.S. Luqman (31): 13-14
3-4 (I)
Uraian
7
3.3 Memahami makna iman kepada hari akhir
Beriman kepada hari akhir
Menyebutkan tahapan perjalanan manusia menuju alam baqa
Menjelaskan Hari Kiamat menurut ilmu pengetahuan
Menjelaskan bukti kebenaran Hari Akhir


7,8, 9,10 (IV)
Uraian
8
4.4  Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir

Menunjukkan perilaku mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir

6 (IV)
Uraian

Rabu, 14 September 2016

kisi-kisi PTS PAI SMAN 2 YK Kelas XII

PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA
Jl. Bener, Tegalrejo, Yogyakarta Kode Pos : 55243 Telp. (0274) 563647, Fax. 520079
HOTLINE SMS : 0812278001 HOTLINE EMAIL : upik@jogjakarta.go.id
 


KISI-KISI PENULISAN SOAL PTS SEMESTER GANJIL TP 2016 - 2017

Nama Sekolah                :  SMAN 2 Yogyakarta                                      
Waktu                             :  90 menit
Mata pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam                    
Jenis Soal                        :  Uraian
Kelas/Program                :  XII/MIIA/IIS                                       
Jumlah soal                     :  38
Hari, tanggal                   :  Sabtu, 24 September 2016                                      
Tahun Pelajaran              :  2016/2017
Kompetensi Inti              :
(KI 1)  : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(KI 2)  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(KI 3)  :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(KI 4)  :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

No.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No. Soal
Bentuk Soal
1
3.1 Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191

Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191
Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191

4
(IV)
Uraian
2
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.



Menyebutkan arti Q.S. Ali- Imran (3) : 190-191

Mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Ali- Imran (3) : 190-191


1-10 (II)
1-2 (IV)
1-5 (III)
Uraian
3
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar

Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali- Imran (3) : 190-191

1-2 (I)
Uraian
4

3.2 Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 tentang saling menasihati
Q.S. Luqman (31): 13-14
Menjelaskan isi kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14
4 (V)
Uraian
5
4.2.1 Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.



Menyebutkan arti Q.S. Luqman (31): 13-14

Mengidentifikasi hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Luqman (31): 13-14

11-15 (I)
3 (IV)
6-10 (III)
Uraian
6
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar.


Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14
3-4 (I)
Uraian
7
3.3 Memahami makna iman kepada hari akhir
Beriman kepada hari akhir
Menyebutkan tahapan perjalanan manusia menuju alam baqa
Menjelaskan Hari Kiamat menurut ilmu pengetahuan
Menjelaskan bukti kebenaran Hari Akhir


7,8, 9,10 (IV)
Uraian
8
4.4  Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT

Menunjukkan perilaku mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir

6 (IV)
Uraian

Yogyakarta, 13 September  2016
Guru Mapel



Sangidah Rofi’ah,S.Ag., M.S.I
NIP/NIPTT 1977071020052001200