Kamis, 25 Februari 2016

kisi2 usbn pai sma 2016 kurtilas

http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/5KisikisiUSBNSMATulis2016Kurikulum2013.pdf

Jumat, 19 Februari 2016

kisi-kisi usban pai sma 2016 kurtilas

KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SMA TAHUN 2015/2016
No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Soal No. Urut
1.
Menganalisis QS. Al-Anfal (8) : 72); QS. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS. Al-
Hujurat (49) : 10; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
QS. Al-Anfal (8) : 72); QS. Al-Hujurat
(49) : 12; dan QS. Al-Hujurat (49) : 10;
serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah) yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut.
1.
2.
Memahami manfaat dan hikmah
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
Manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan
(ukhuwah), peserta didik dapat menunjukkan hikmahnya.
2.
3.
Menganalisis QS. Al-Isra’ (17) : 32,
dan QS. An-Nur (24) : 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan zina.
QS. Al-Isra’ (17) : 32, dan QS. An-Nur (24) : 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang larangan
pergaulan bebas dan perbuatan zina, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum tajwid pada ayat tersebut.
3.
4.
Memahami manfaat dan hikmah
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
Manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
Disajikan narasi tentang kasus pergaulan bebas dan perbuatan
zina, peserta didik dapat menganalisis hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4.
5.
Memahami makna Asmaul Husna: al-
Kariim, alMu’min, al-Wakiil, al- Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-
Iman kepada Allah Swt (Asmaul Husna: al- Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al- Jaami’, al-‘Adl,
Disajikan narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan al-
Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl,
dan al-Akhiir, peserta didik dapat menganalisis makna dari
5.
No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Soal No. Urut
Akhiir;
dan al-Akhiir)
sifat Allah Swt dalam Asma’ul Husna tersebut.
6.
Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
Iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat
zaman sekarang, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap malaikat-
malaikat Allah Swt.
6.
7.
Memahami Q.S. At-Taubah (9): 122
dan Hadis terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
Semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
Ditampilkan kutipan hadis tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan hadis tersebut.
7.
8.
Memahami kedudukan Alquran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Sumber hukum Islam
Disajikan pernyataan tentang sumber hukum Islam, peserta
didik dapat menunjukkan fungsi sumber hukum Islam.
8.
9.
Memahami pengelolaan wakaf
Pengelolaan wakaf
Disajikan wacana tentang permasalahan pengelolaan wakaf, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat pengelolaan
wakaf bagi umat.
9.
10.
Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw. di Mekah
Meneladani Perjungan Rasulullah saw di Mekkah.
Disajikan gambaran semangat perjuangan dakwah Rasulullah
saw periode Makkah, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan semangat dakwah Rasululullah saw di Makkah.
10.
11.
Menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48;
Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. At- Taubah (9) : 105, serta Hadis tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
Ayat-ayat al-Qur,an tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang taat,
kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, peserta didik dapat menunjukkan terjemahan teks ayat tersebut.
11.
12
Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41
dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta Hadis tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
Ayat-ayat Alquran tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran/Hadis tentang
toleransi, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan dalil tersebut.
12.
No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Soal No. Urut
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang
menghindarkan diri dari tindak kekerasan, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.
13.
13.
Memahami makna iman kepada Kitab-
kitab Allah SWT
Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat,
peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah Swt.
14.
14
Memahami makna iman kepada Rasul- rasul Allah SWT
Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
Ditampilkan kisah singkat rasul Allah Swt, peserta didik
dapat menunjukkan hikmah beriman kepada Rasul-rasul
Allah.
15.
Disajikan sejarah singkat rasul Allah Swt, peserta didik dapat
menunjukkan dalil tentang Nabi Muhammad saw sebagi rasul terakhir.
16.
15.
Memahami bahaya perilaku tindak
kekerasan dalam kehidupan
Bahaya perilaku tindak kekerasan.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tindak kekerasan, peserta
didik dapat mengidentifikasi bahaya yang ditimbulkan sebagai akibat tindak kekerasan.
17.
16
Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam.
Disajikan deskripsi tentang ekonomi Islam, peserta didik
dapat mengidentifikasi bahaya riba.
18.
Disajikan ilustrasi tentang kerjasama ekonomi dalam Islam,
peserta didik dapat menentukan contoh kerjasama ekonomi dalam Islam.
19.
17.
Memahami pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah.
Penyelenggaraan jenazah
Disajikan ilustrasi tentang kematian, peserta didik dapat
menunjukkan tata cara mengkafani jenazah.
20.
Disajikan ilustrasi tentang kematian, peserta didik dapat menunjukkan urutan rukun shalat jenazah.
21.
No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Soal No. Urut
18.
Memahami pelaksanaan khutbah,
tabligh dan dakwah
Khutbah, tabligh dan dakwah.
Disajikan deskripsi tentang khutbah, tabligh dan da’wah,
peserta didik dapat mengidentifikasi metode dalam berdakwah.
22.
19.
Menelaah perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan
Islam pada Masa Kejayaan.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam Masa
Kejayaan, peserta didik dapat menunjukkan ilmuwan pada
Masa Kejayaan.
23.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam Masa
Kejayaan, peserta didik dapat menunjukkan contoh karya ilmuwan muslim pada Masa Kejayaan.
24.
20.
Menelaah perkembangan Islam pada
masa modern (1800- sekarang)
Islam pada Masa Modern.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam pada Masa
Modern, peserta didik dapat mengidentifikasi pemikiran cendekiawan muslim pada Masa Modern.
25.
21
Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-
191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan
bersikap demokratis,
Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis,
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang berfikir
kritis dan bersikap demokratis , peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan tajwid.
26.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis, peserta didik dapat menunjukkan terjemahan ayat tersebut.
27.
Disajikan ayat Alqur’an tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut.
28.
22.
Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14
dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta
Hadis tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al- Baqarah (2): 83, serta Hadis tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
Disajikan kutipan salah satu ayat Alquran tentang saling
menasihati dan berbuat baik (Ihsan), peserta didik dapat menunjukkan hukum bacaan tajwid.
29
No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Soal No. Urut
23.
Memahami makna iman kepada Hari
Akhir.
Iman kepada Hari Akhir.
Disajikan deskripsi pengertian iman kepada hari akhir
peserta didik dapat menganalisis pengertian hari akhir menurut ilmu pengetahuan.
30.
Disajikan wacana tentang perilaku manusia dalam kehidupan
sehari-hari, peserta didik dapat menganalisis tanda- tanda beriman kepada hari akhir.
31.
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat,
peserta didik dapat menunjukkan hikmah iman kepada hari akhir.
32.
24
Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar.
Iman kepada Qadha dan Qadar.
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam takdir.
33.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik
dapat menunjukkan contoh sikap menerima takdir Allah Swt.
34.
.
Disajikan wacana tentang kehidupan seseorang, peserta didik
dapat mengemukakan hikmah iman kepada qadha dan qadar.
35.
25
Memahami hikmah dan manfaat saling
menasehati dan berbuat baik (ihsan)
dalam kehidupan.
Saling menasehati dan berbuat baik(ihsan)
dalam kehidupan
Ditampilkan ilustrasi tentang saling menasehati, peserta
didik dapat menunjukkan hikmah /manfaat saling menasihati..
36.
26.
Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam.
Pernikahan dalam Islam.
Disajikan ketentuan hukum pernikahan dalam Islam, peserta
didik dapat menjelaskan hukum pernikahan.
37.
Disajikan hadis tentang kriteria memilih calon suami/istri,
peserta didik dapat mengidentifikasi cara memilih calon suami/ istri.
38.
No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Soal No. Urut
Disajikan ilustrasi tentang talak, peserta didik dapat
mengidentifikasi macam-macam talak.
39.
Disajikan kutipan ayat Alquran tentang pernikahan , peserta
didik dapat menunjukkan tujuan pernikahan sesuai dengan ayat tersebut.
40.
27.
Memahami hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
Hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
Disajikan narasi tentang pernikahan, peserta didik dapat
menunjukkan kewajiban isteri dalam rumah tangga.
41.
Disajikan deskripsi tentang pernikahan ,peserta didik
menunjukkan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
42.
28.
Memahami ketentuan waris dalam
Islam.
Ketentuan Waris dalam Islam.
Disajikan ilustrasi tentang ketentuan waris, peserta didik
dapat mengidentifikasi sebab-sebab seseorang mendapat harta waris.
43.
Disajikan beberapa pernyataan tentang ahli waris, peserta
didik dapat menunjukkan bagian ahli waris.
44.
Disajikan ilustrasi tentang wafatnya sesesorang, peserta
didik dapat menunjukan hal-hal yang harus dilakukan sebelum pembagian harta waris.
45.
Disajikan ilustrasi wafatnya seseorang dengan meninggalkan sejumlah harta warisan dan beberapa ahli waris, peserta didik
dapat menghitung bagian yang diterima oleh masing-masing ahli waris.
46.
29.
Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
Strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di Indonesia,
dakwah Islam di Indonesia.
47.
7 | Kisi-kisi Soal USBN PAI SMA – 2015/2016
No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Soal No. Urut
Disajikan narasi tentang perkembangan Islam di Indonesia,
peserta didik dapat menunjukkan bukti masuknya Islam ke
Indonesia pada abad ke-1 H/7 M.
48.
30.
Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.
Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di dunia,
peserta didik dapat menunjukkan alasan Islam mudah berkembang di dunia.
49.
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di dunia, peserta
didik dapat menunjukkan faktor-faktor kemunduran Islam di dunia.
50.
Yogyakarta, 11 Januari 2016
Kepala Bidang PAKIS.
`
Drs. H. Bardan, M.Pd.I
NIP.195805081983031001