Senin, 23 November 2015

kisi-kisi uas ganjil PAI xii 2015

KISI-KISI SOAL PAI SMA KELAS XII
ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL 2015/2016
SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA
Kompetensi Inti
(K1)  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2)  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan  alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
 (K4) Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

NO
Materi Pokok
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
Nomor Soal
Bentuk Soal
1
Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191,
3.1 Menganalisis Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191, tentang berpikir kritis
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an/ Hadits tentang tentang berpikir kritis peserta didik dapat menganalisis isi kandungannya
1,2,3
PG,



4.1.1Membaca Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191, tentang berpikir kritis
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang berpikir kritis, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan tajwid
4,5,6
PG


4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 tentang berpikir kritis demokratis  dengan lancar
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang berpikir kritis, peserta didik dapat menerjemahkan dan melengkapi ayat
7,8,9,
46
PG
U
2
Iman kepada Hari Akhir
3.3    Memahami makna iman kepada hari akhir

Disajikan narasi tentang iman kepada hari akhir
peserta didik dapat memahami makna iman kepada Hari Akhir, menjelaskan periode hari Akhir, hakikat beriman kepada Hari Akhir

10, 11,12,13,
14,
PG


4.3    Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada hari akhir
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir dan hikmah beriman kepada hari Akhir
15,16,17,
18,
47
PG

U
3
Q.S. Luqman (31): 13-14
4.3  Membaca  Q.S. Luqman (31): 13-14 serta hadits terkait tentang saling menasihati sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang tentang saling menasihati dan berbuat ihsan, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan tajwid dan melengkapi ayat
19,20,21,
22,23,

PG


4.4 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 serta hadits terkait tentang saling menasihati dengan lancar
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang tentang saling menasihati dan berbuat ihsan, peserta didik dapat menerjemahkan ayat
24,25,26,
27
48
PG

U
4
Pernikahan dalam Islam

3.6 Memahami ketentuanpernikahandalam Islam.
.

Disajikan narasi tentang pernikahan, peserta didik dapat menjelaskan tentang pengertian, tujuan dan hukum pernikahan, mahram,
28,29,30,
31,32
PG


4.6 Memperagakan tata cara pernikahan dalam Islam
Disajikan contoh pernikahan dan peserta didik dapat menjelaskan rukun dan syarat pernikahan, pernikahan yang tidak syah, hak dan kewajiban suami dan istri serta hikmah pernikahan
33,34,35,
36,
49
PG

U
5
Strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
3.9 Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.

Disajikan narasi tentangperkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan masuknya Islam ke Indonesia, strategi dakwah Islam di Nusantara,
37,38,39,
40,41
50
PG

U


4.9 Mendeskripsikan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
Disajikan diskripsi tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menjelskan perkembangan dakwah Islam di Nusantara, kerajaan Islam, gerakan pembaharuan Islam di Indonesia dan perilaku mulia sebagai implementasi dari belajar sejarah perkembangan Islam di Nusantara
42,43,44,
45
PG